08880318xxxx:
Alhamdulillah wasy. atas ijin Allah ustad tergerah jawab sms sy sy lagi buka website sambil memandng foto ustad sy kirim alfatehak7x utk menggerah hati agr jwb.
sdr2ku, saya cukup geli dg sms ini, dan trharu. Saya disms berkali2 oleh nmr tsb, dan berkali2 itu pula saya ga respon. Sbb emang tahu sendiri lah kenapa. Saya udah sering bilang. Satu saat, saat jam 00.30-an, saya periksa2 sms, eh ada sms masuk. Yg rupanya dari beliau. Terus saya jawab. Nah, jawabannya kayak gitu. Beliau baca fatihah 7x agar Allah mau menggerakkan hati saya buat balas sms. He he he, emang inilah fadhilah doa, fadhilah fatihah. Saya juga suka begini. Ngirim fatihah, yg energinya saya visualkan sbg doa saya. Dan saya mengingat ketika bersabar dan menyabarkan diri ketika mendatangi kyai. Dulu, saya pernah mendatangi seorang kyai, dan dicuekin sampe 5 jam. Tp saya tdk sakit hati. Saya lbh memilih memahami saja. Malah pernah, berhari2 bahkan berpekan2 saya ada di dekat satu rumah kyai, dan saya tdk pernah bisa duduk berduaan dg beliau. Namun saya senang saja. Sbb bagi saya, perjalanan menuju kyai itu saja sdh merupakan ibadah; mendatangi orang soleh.
0219497xxxx:
Assalammuallaikumust.Yusuf,maaf sekali saya hanya bisa sedekah sedikit sekali,tp insya allah akan tetap continue,Terima kasih.Wassalam. An.
sdr2ku, ketika saya tanya, An ini adalah seorang supir. Dia sangat berkenan bersedekah. Lalu beliau ini bersedekah ke pesantren. Saya bersyukur sekali dpt sedekah dari "orang kecil". Setidaknya begitulah pengakuannya. Kenapa saya senang? Pertama, uangnya pasti halal. Yg kedua, kalo orang kecil bersedekah, ia akan jd besar. Kalo orang susah bersedekah, ia akan jadi senang. Kalo orang miskin bersedekah, ia akan kaya. Sometime, yg tdk mengerti ttg perjuangan, akan meraba yg kelihatan oleh mata saja; kenapa ustadz menerima sedekahnya orang susah? Ga kasihan tuh? Wah, saya jawab, saya lbh kasihan lagi kalo saya ga terima sedekahnya. Itu kan jalan yg cepat u/ membuat orang tsb menjadi naik. Orang sering heran juga, katanya, ustadznya kaya, disedekahi sama yg miskin? Hmmm... Saya, kalaulah kaya, maka itu adalah hak saya. Masa iya orang jadi kaya ga boleh? Bukankah menjadi kaya itu adalah yg seharusnya? Asal kekayaannya itu dipakai u/ kepentingan Allah dan orang banyak juga. Yg ga boleh, kalo menggunakan harta itu di jalan yg salah, dan mencarinya juga dg jalan yg salah. Akan halnya uang sedekah yg berasal dari yg susah, itu sama saja dg uang sedekah asal dari yg kaya, bhw sedekahnya itu ya uang sedekah. Masa iya, dimakan? Waba'du, saya kalo ditanya, lbh senang mana dpt sedekah dari yg miskin atau yg kaya. Saya jawab, dua2nya, dg alasan yg berbeda pula. Wallaahu a'lam.
081196xxxx:
alhamdulillah, malam ini bisa tahajjud setelah lama bolong. trmkhsh ustad. mhn doakan saya supaya bisa istiqomah tahajjud sampai ajal tiba. jazakallah. HM.
Spy bs istiqamah tahajjud, ada salah satu cara gampang. Sisihkan 150rb per bulan, insya Allah bs dah tuh tahajjud. Caranya: bayar satpam/hansip di lingkungan rumah, 5rb per malam, apabila bisa bangunin malam kang hilman. Insya Allah sudah mah hitungannya nambahin semangat tuh satpam ngebangunin kita, juga bisa membuat kita selain tahajjud, melengkapinya dg sedekah juga. Sedekah kpd yg bangunin kita. Ntar tuh satpam pasti standby di dpn rumah kita. Syaratnya, sampe bangun, sampe nongolin kepala. Jika pintu rumah jauh dari halaman, siapkan bel yg lsg ke kamar kita. Juga syarat berlaku, sampe kita betul2 nyodorin muka kita ke tuh satpam. Selamat mencoba.
0815932xxxx :
Ustadz, dah saya transfer 5jt u/ ikutan di pembebasan tanah pondok. Mohon doanya ustad supaya usaha saya sukses jaya dan makmur. Krn sudah 3 thn lebih usaha saya segitu2 aja. Juga istri saya yg sering membangkang juga tdk mau melayani "hubungan suami istri" di hilangkan sifat dendam thd saya sbg suami nya. Mohon doa nya ustad mudah2an permintaan saya tdk kebanyakan. Trims SY dari Kalimantan.
Subhaanallaah, yg sabar ya. Gunakan 7 waktu yg mustajab; ba'da 5 shalat fardhu, plus ba'da dhuha dan tahajjud. Insya Allah dlm 7hr, 7 minggu dan paling lama 7 bulan, ada tanda2 perubahan, baik dlm urusan istri maupun urusan usaha.
081196xxxx :
ustad, ttg pulau gili trawangan, lombok, saya pernah diving disana. keindahan terumbu karangnya luarbiasa, Subhanallah. 1jam dibawah air tdk terasa. air sangat jernih. kedalaman 30mtr pandangan masih bersih & jelas. ada arus laut yg bs buat kita melayang maju tanpa gerak. ikan warnawarni. perlu ustad coba.
Betul banget. Tp saya belom coba. Hanya lihat dari atas saja. Alhamdulillah, 93 are (hampir 1Ha) udah saya dp-in USD25rb. View nya the best, menghadap Gunung Agung yg mempesona dan Sun set kelas dunia. Rencananya ya itu, nanti mau di-share ke jamaah kepemilikannya pulau tsb. Investasi I total 4,8M, di mana pondok ada goodwil separuhnya. Trgantung berapa orang yg mau. Apabila trkumpul 100 orang, maka nilai sahamnya: 48jt. Demikian. Insya Allah investasi tsb naik saban bulan, dan menghasilkan banyak maslahat. Sdh lengkap pulau itu dg fasilitas standar. Tinggal dikembangkan saja. Frekuensi pulau dipakai u/ outing, refreshing, dan sebagai tempat pengajian yg different, insya Allah bisa bergulir sangat baik yg menambah value pulau itu. Amin.
0812821xxxx:
Ass. Ustad. Saya "Ayam Bakar P" Alhamdulillah sy sdh transfer cuman 5 jt (dari sekian yg saya niatkan u/ pondok), soalnya sy jg di tunjuk jd ketua panitia pembangunan musholla,sy jg berniat bila dananya kurang sy akan membiayai sendiri musholla tsb hingga jd. Mudah2an bisa berkah semuannya. Amien.
Itu bukan cuma 5jt. Tp 5jt. Possitive Statements. Bahasa energi menjadi begini: "Sebagai permulaan, saya transfer 5jt Tadz. Insya Allah saya sdg menyelesaikan mushalla. Segera saya ngebut, spy mushalla jadi, dan transfer u/ pondok juga bisa bertambah. Saya yakin, bersama Allah, saya akan menjadi punya asset dan omset minimal 10x lipat dari sekarang ini". Gitu. Ok ya, makasih banyak. Doa bi doa ya.
08136312xxxx:
Assalamu,alaikum pak ustad, apakah sedekah juga berlaku untuk kesembuhan penyakit ? Ana udah 2 tahun sakit blum sembuh pak ustad. ZA-Bogor.
Daawuu mardhookum bish shodaqoh, obati penyakitmu dg sedekah. (Hadits). Suatu hr ada seorang ibu dtg ke seorang kyai, dlm keadaan tdk bs jalan. Minta didoakan. Sama kyai ini ditanya, punya apa yg bs ditukar dg kesembuhan. Si ibu dg keluarganya kemudian mewakafkan tanah mereka di jln Allah. Hingga bbrp wkt kemudian ibu ini kembali mendatangi kyai dlm keadaan sdh bs brjalan. Makasih kyai, udah mendoakan ibu kami, begitu kata anak2nya, didampingi ibunya. Jawab sang kyai, saya tdk mendoakan. Yg mendoakan adalah tanah yg diwakafkan.
02171273xxx:
Ass,Sdh la ente nga usa ikut politik sgl,skrg sdh trkenal & janji ente dl mau buat skolah gratis dkat rmh ente tp mn buktiya,uang muka plhan jt cm org ky yg bs.
1. Yg ikut politik siapa? Saya tdk ikut politik. Semua berita dibuat oleh partai masing2 tanpa konfirmasi saya.
2. Sekolah gratis sudah berjalan 3 tahun. Ada pun sekolah yg bayar, juga milik wakaf. Yg kalo saya meninggal, tdk akan diwarisi oleh anak2 saya. Tujuan dibikin sekolah yg mahal tersebut adalah agar sisa hasil usaha bisa membiayai program 100rb penghafal al qur'an. Dana masyarakat banyak trtanam di sana. Spy situ ga dosa, saya kasih tahu, bhw penghasilan saya yg milyaran per tahun, diceburin juga di sekolah wakaf tsb. Saya berfastabiqul khoirot dg yg laen. Saya menyengaja memberitahu ini spy banyak orang yg ga berdosa sbb su-udzdzan. Alhamdulillah Allah banyak kasih kemudahan buat saya.
3. Kalo ngirim sms seperti ini, sertakan nama jelas ya. Biar saya bisa silaturahim. Semoga Allah memaafkan anda.
0857594xxxx:
Pak ustad sya ingin mati,smua kehancuran kluarga berawal dri kesalahan sya,suami sya terpaksa sya ungsikan demi kselamatan dia,anak2pun sya ungsikan.tinggallah sya seorang diri menghadapi amarah orang.tlng pak ustad baca surat sya secepat nya,sya NN Sukabumi dri sukabumi.sya ingin mati saja.
Kapan terakhir berdoa sepenuh hati kepada Allah Yang Maha Menyelamatkan? Buka ya Qs. An Naml: 62, bahwa siapa yg mengabulkan doa, kata Allah, apabila dia berdoa kepada Nya u/ dihilangkan kesulitan? Dia lah Allah. Berdoalah sepenuh hati kepada Allah. Tumpahkan segala2nya kepada dia. Atasi ketakutan yg muncul dari dalam diri. Insya Allah, Allah berkenan menolong. Perbanyak istighfar yaaa...
+628122218xxx:
Bagaimana menjadikan diri kita ikhlas ya Ustadz?
Ini dari siapa, darimana? Amalannya: baca Laa Hawla Walaa quwwata Illaa Billaah, 300x dlm sehari, dan baca al Ikhlas 3x sehabis shalat. Tp msh perlu berdoa agar diberi keikhlasan. Tidak ada yg bisa mengajarkan dan membuat hati kita ikhlas, kecuali Allah.
08575948xxx:
Pak ustad apa yg hrs sya lakukan wkt untuk byr hutang tinggal 3 hari lagi,klaw tdk ke byr mungkin kali nyawa atau penjara yg akan sya hadapi.suami skrg dia lepas tngn,malah smua kluarganya spertinya sengaja ingin memisahkan kami.sya pasrah pd apa yg akan terjdi.
Ya pasrah saja. Penjara bukan hal yg menakutkan. Malah dia menjadi tempat ibadah yg paling baik. Saya mengawali dunia dakwah malah dari tempat yg disebut orang: penjara. 2x lagi. Kuncinya adalah menerima. Menerima bahwa kita salah. Kalo udah menerima, ya menerima. Apapun hukumannya, resikonya, ya qt terima. Inilah yg disebut pasrah. Bukan disebut pasrah kalo msh ada ketakutan. Songsong semua resiko, dg muncul dan menghadapkan diri. Lagipun, belum tentu juga dipenjara. Semua kehendak adalah Kehendak Allah. Tapi dengan menerima segala apa yg trjadi dan bakal trjadi, maka semua akan dilalui dengan mudah. Sesuatu yg qt anggap buruk, akan segera dihapus dan diubah menjadi sangat indah oleh Allah. Bacalah buku saya: Wisatahati Mencari Tuhan Yang Hilang. Buku ini saya tulis ketika saya ada di balik jeruji penjara. Keluarga yg saat ini barangkali sdg jauh, ttp adalah saudara. Mereka cuma ga mau ketiban pulung saja. Sejatinya mereka ttp saudara. Saatnya nanti datang, mereka masih saudara kita. Suami juga begitu. Ga ada yg menakutkan diri kita, kecuali kita sendiri yg membuat kita takut dg pikiran2 dan bayangan2 kita sendiri. Kepada Allah juga kita berserah diri dan memohon.
+62812221xxxx:
Bagaimana menjadikan diri kita ikhlas ya Ustadz?
Ini dari siapa, darimana? Amalannya: baca Laa Hawla Walaa quwwata Illaa Billaah, 300x dlm sehari, dan baca al Ikhlas 3x sehabis shalat. Tp msh perlu ber sudnya dimasukkan ke sesuatu yg bs didownload gratis.
Hamba Allah:
tinggallah sya seorang diri menghadapi amarah orang.tlng pak ustad baca surat sya secepat nya,sya NN Sukabumi dri sukabumi.sya ingin mati saja.
Kapan terakhir berdoa sepenuh hati kepada Allah Yang Maha Menyelamatkan? Buka ya Qs. An Naml: 62, bahwa siapa yg mengabulkan doa, kata Allah, apabila dia berdoa kepada Nya u/ dihilangkan kesulitan? Dia lah Allah. Berdoalah sepenuh hati kepada Allah. Tumpahkan segala2nya kepada dia. Atasi ketakutan yg muncul dari dalam diri. Insya Allah, Allah berkenan menolong. Perbanyak istighfar yaaa...
081129xxxx:
Asw, smoga Ustz sehat-selalu, btw kenapa telp dan sms saya tdk dijawab-2,jk ustz sibuk kan bisa jawab/sms balik,ingat...akhlak dibudayakan,tks wass, un@ng
Haj, makasih doanya. Dan makasih juga nasihatnya. Haji benar. Namun, emang udah ga bakal tertangani. Sbb ampe hr ini saya bertahan "biasa" saja. Ga pake ajudan, ga pake sekretaris, ga pake manajemen, dan ga bawa asisten yg melayani ini dan itu, trmasuk soal jadual dan hp. Dan subhaanallaah, ini bs jwb pun kebeneran aja. Saban hari 500-1000 sms yg masuk. Bagaimana mungkin saya jawab. Sebentar lagi, kalo Haji balas sms ini, pun tdk akan sempat terbalas juga. Sebentar lagi saya tausiyah. Rentang waktu tausiyah saja sdh 1-1 jam seperampat. Dan selama wkt itu, puluhan sms masuk. Hal2 seperti ini sudah saya ke web kan. Ingin rasanya saya umumkan bhw saya sdh tdk akan megang2 hp lagi. Bikin orang pd dosa.
Jawaban yg agak arif dari penanya:
Subhanallah,...semoga ustz sehat selalu dan dalam lindunganAllah SWT amiin, ana maklum ustz jika kondisinya demikian, jazakumullah khairan katsiraan, Badan Amal Kogas.
08131031xxxx:

Ass.Saya ingatkan Ente itu masih muda dan ente naik daun dan dikenal masyarakat via infotaimen yg mengorbitkan. sehingga ana tau ente.Jangan anggap banyak orang tau ente, doa unt.Ente ,tapi sebaliknya.Sumpah unt. Ente.Krn banyak pengundang yg ente kecewakan bukan pengundang yg ente kecewakan tapi jama,ah orang banyak.Termasuk kami dr pes.Bustanu l qur,an . Dan masjid st.Rawani. Ente tadabburlah dan Belajarlah dari pengalaman dr AA GYIM infotaimen yg mengorbitkan infotaimenlah yg menjatuhkan.Ust. Yg dikecewakan ama ust.

Ini ttg apa ya Ustadz? Saya malah berusaha hidup sederhana. Saya tidak pakai manajemen, tidak pakai asisten, tidak pakai sekretaris. Saya tidak pakai satpam juga. Apa ustadz pernah sms saya? Kalo iya, ustadz lbh baik jangan su-udzdzan. Sms saban hari masuk 500-1000 sms. Udah ga mungkin saya balas. Dari tahun 2003, saya tdk menerima amplop u/ keperluan pribadi. Saya ceburkan u/ pesantren bebas biaya. Ya Allah ustadz, jika thd saya ustadz kecewa, bagaimana lagi dengan yg laen yg pada bawa bodyguard, pake manajemen, pake asisten? Ustadz coba lihat di website. Kadang saya kasihan sama anak istri saya. Untuk mereka, saya pun tdk ada waktu.
Ust.Sampe Cape hati ana sms ust.Sampe ana minta dijembatani dg pa. Asebusro. Munawar orang BMI PUSAT KENAL DAN ANTUM DEKAT DG BELIAU agar antum bisa jawab sms ana.Tanya sama ustz.Yoyoh DPR pagi jam.8 sebelum ke.Antum kerumah ana dulu.Tolg ust.Tanya ust.Hendi dah. ini pelajaran unt.ust.Saya paling terima kalau seorang ust.Tdk menghayati ma,na undangan.Ana cuma minta jawab ya dan tdk itu aja.
Ustadz, kayaknya ustadz juga kudu istighfar dah. Saya sdh jelaskan ke ustadz. Sekarang saya paham sms mana yg ustadz maksud. Ustadz baca ga sms saya? Kalo ustadz, pasti sempat baca sms saya. Kalo sempat, tlg diresapi sms saya. Dan hendy bukan sekretaris saya. Silahkan ustadz croscek itu. Sekarang saya mau telpon ustadz pas saya sempet2in di tengah perjalanan, ustadz ga jawab. Ustadz, kalo orang kayak saya, sampe ustadz sumpahin, masya Allah ustadz. Hati2 ustadz. Kita ga tahu siapa2 yg disayang Allah. Jangan hanya gara2 kesel, silaturahim yg sesungguhnya belom trjadi, jadi malah tdk tertegak sama sekali. Saya baca ustadz, pimpinan pondok pesantren. Rasanya koq ga baik ya. Yah, barangkali orang2 pengennya ngelihat ustadz2 pake manajemen, spy terkendali. Tp saya mah tetap pada pendirian. Maklum syukur, ga maklum sudah. Saya balas sms ustadz, sbb ustadz ya ustadz. Kasihan saya, ntar malah jadi dosa. Maafin saya ya ustadz. Mhn maaf banget. Ok, saya udah mau acara lagi. 2 jam ke depan, ga bisa saya smsan. Dan saat saya tausiyah, sms masuk udah bejibun. Ga bakal kekontrol oleh saya.
 
Di saat buka puasa, saya doakan semoga ustadz dijauhkan dari buruk sangka, dan mendapat banyak keberkahan dari kegiatan kajian2 al Qur'an. Nama ustadz skrng udah dicatat. Lbh mudah buat saya sms ustadz. Jazaakallaah ustadz. Mdh2an jd bersaudara. -Yusuf Mansur.
Syukron ust.Amin ana kecewanya ketika kami kunjung ke pesantren ust.Bersama murid ana 1 bus ibu 2 ada muda ada yg uda sepuh mobil bus ega bisa masuk ke lokasi ponpes akhirnya kami jalan kaki lumayan jauh bersama ibu 2 eh taunya sampe dilokasi .ust.Ega ada kata ust.Hendi di bel jubir presiden .Andi.Malarangeng ibu 2 sangat kecewa ustaadz.Krn ust akan beri tausyiah kpd jama,ah 10 MENIT INFO UST.Hendi taunya ega ada ust. Disitulah ibu2 kecewa jauh 2 datang padahal uda konfirmasi sebelumnya baik via surat mau tilp uda ada jawaban .Akhirnya saya redam kekecewaan itu sambil ana ajak jalan 2 ke masjid kubah emas.Depok.Eh ana ngundang resmi ketika itpake surat dan via sms kepda ust.Smsnya sesuai dg isi surat und. Ini saran ust.Hendi ke ust.Aja langsung. Soal nya beliau yg punya waktu.Saya tilp.Sms ust.Ega pernah jada awaban sampe hari pelaksanaannya. Sebetulnya saya ega maksa ustadz unt.Hadir ana ma,lumi.
Hendy itu bukan sekretaris saya ustadz. Mhn maaf ya. Saya tdk pernah mengiyakan ttg menerima tamu ust dan rombongan. Dan udah lbh dari setahun trakhir, saya lepas pondok bulak, spy orang2 dtg bukan krn saya. Sekali lagi mhn maaf. Dan ustadz, kekecewaan itu adalah hal yg wajar. Saya memakluminya. Tapi bolehlah kita sama2 merenung, jgn sampe kekecewaan itu kemudian melahirkan dosa baru. Coba ustadz pikir, saya tahu juga engga, dan ttg sms pun saya tdk bs mendeteksi (skrng nama ustadz sdh saya catat. Walopun satu saat saya ga lsg balas, tp msh saya ingat dan bs saya cari. Tp kalo blm dicatat, mana bisa saya nelusurin satu2 di antara ribuan sms). Akhirnya, ustadz jatuh kecewa pd orang yg salah. Kecuali sdh nyata betul saya emang mengabaikan. Sungguh saya ngeri dg tauhidnya ustadz. Apalagi ketika ustadz mengataka naik dan turunnya sbb infotaimen. Ini kan kalimat yg ga boleh keluar dari mulut kita2 yg paham ttg mantik, balagah, aqidah dan tauhid. Tp saya paham, mdh2an ini hanya ujian buat kita semua. Waba'du, saya mhn maaf yg sangat.
08139980xxxx:
Ass...Ma'af ust knp klu say tlp ko ga prnh di angkt? Apa krn dah sking terknlny? Apa krn say org miskin?
Ini ttg apa ya? Dari siapa? Sms saban hari 500-1000 sms. Telpon berdering terus. Sedang saya msh jd ustadz kampung aja. Ga pake asisten, ga pake manajemen. Jadi, mhn maaf, ga ngebeda2in, emang lbh banyak yg ga kelayanan. Maaf ya. Buang su-udzdzannya. Ntar dosa. Saya mah jauh dari seperti yg dibayangin orang2. Ini pas ngetik sms saja, ada puluhan yg blm dibaca detail.
08151073xxxx:
Subhanallah ... ust apakah ini wajah akhir zaman, dimn peran ust tdk lg mggring um mat ke msjd tp ke bioskop, bgmn nasib msjd ke dpn ?? Dimn kemuliaan Allah, ktk Kalam_ Nya diperjualbeli kan dan ditukar dg hrg tiket msk bios kop? Ya..Allah lin dungi kami dr aki bat buruk yg ditim bulkannya. dr Hmb Allah. slm

Ini dari mana? Dari siapa? Sms tadi, ga apa2. Jadi pengingat. Saya sdh menulis sejumlah artikel di web www.wisatahati.com, mengomentari hal-hal sms seperti ini. Ada satu artikel yg belum saya naikkan. Bahwa saya bangga, sudah menahan 1 layar selama kurang lebih 20 hari sejak KFK ditayangkan.

  1. Begini, film-film horor, dilihat bukan karena filmnya. Tapi lebih dijadikan sarana pacaran oleh penontonnya yang relatif masih muda bahkan muda belia. Dan jumlahnya, bukan maen. Baik dari sisi jumlah film, maupun jumlah penontonnya; mencapai 1jt penonton. Alhamdulillah, saya bersyukur, KFK bertahan 20 hari. Itu artinya, selama 20 hari, KFK "menutup" 1 layar untuk tidak dijadikan tempat maksiat. Hal-hal lainnya, bisa dilihat di web.
  2. Akan halnya peran ustadz untuk menggiring jamaahnya ke masjid, itu alhamdulillah kami lakukan secara simultan. Baiknya, lebih komprehensif dalam menyikapi sesuatu. Takutnya, yang sedang diomongin, lebih punya amal, ketimbang yang ngomongin, tapi ia tidak melakukan sesuatu untuk agama Allah.
    Ibarat ada 1 pohon yangg merintangi jalan, kemudian orang-orang hanya berteriak-teriak memberi komentar, tapi tidak ada upaya memindahkan pohon itu. Lalu datanglah Pak Tua. Dengan tangan lemahnya ia pindahkan pohon itu. Dan tidak terangkat. Lalu bicaralah lagi "para penyorak dan komentator pinggir jalan", "Hei Pak Tua, bukan gitu caranya mengangkat pohon itu! Anda salah! Tidak akan terangkat. Caranya, begini dan begitu...". Mereka terus saja bicara, sedang Pak Tua tersenyum, ia boleh salah, tapi Allah sudha melihatnya berbuat sesuatu.
    Wallaahu a'lam bish shawaab.
08569160xxxx:
Ass,ustd..afwan ustd.knpa ya ana susah bgt dgt kerja..ane ampe ampir frustasi nh ustd..mgkn usdz bisa bantu ane..jazakumuloh...
Di website ada riyadhah selama 40hr. Browsing, dan jalanin ya. Yg disiplin. Insya Allah blm nyampe 40hr dah bisa kerja, asal ditutup sama sedekah yg bagus. Btw, ini dari siapa ya?
*) Program Riyadhah bisa ditemukan di Artikel Lepas Ustadz Yusuf Mansur
08151919xxxx
Assalamu'alaiku Pak Ustadz, saya ingin curhat mencari Allah krn saya seorang penzinah.. M.

Insya Allah, Allah Maha Mengampuni. Coba jajal buka Qs. At Tahrim: 8 dan az Zumar: 53 yaaa... Selebihnya silahkan konsul dg ustadz rohim: 081519003169. Saya khawatir saya super telat jwb smsnya, antum malah kecewa. Lihat2 juga di website ya: www.wisatahati.com. Insya Allah ada pencerahan di sana. Udah lihat film Kun Fayakuun? Agar jangan putus asa, ttp optimis dan pandai bersyukur.
0856300xxxx
Ass ustd apa yg hrs sy lakukan kalau sy dtagih kartu kredit sdngkan skrng sy punya uang unt membayar bisakah sy dberi keajaiban oleh allah atau kun fayakun unt melunasi semu hutang sy solat duha telah sy lakukan katanya ralat duha bisa menghapus dosa relain solat tobat oh ya ustd sy member dr surabaya dan sy skrng sdng uzur men tolong doa apa yg hrs dbaca wass
Istiqamahin saja shalat dhuha nya di saat tdk mens. Nanti pd saat mens, ttp dianggap shalat dhuha. Demikian juga ibadah2 yg laen. Jangan lupa terus memperbaiki shalat2 yg wajib dan sunnah2nya ya. Sedekahnya juga, terus ditingkatin.
Dari 081802480xxx:
Assalamualaikum mhn maaf anda jangan sakit hati karena ini kenyataan anda seorang ustad terkenal harusnya berjiwa besar tidak angkuh dan sombong saya dalam kondisi kritis dll sms tidak anda jawab membuat saya jadi sakat hati smoga ALLAH menyadarkan anda agar tidak sombong lagi.
Ini dari siapa? Saya sedang di Mekkah. lagi mimpin jamaah. Tidak seharusnya megang hp. Dan saya ga pake asisten, ga pake sekretaris-sekretarisan, ga pake manajemen-manajemenan. Bagaimana saya bisa disebut sombong? Bagaimana yang pake asisten, pake pengawal? Smsnya kapan? Kalo ga ada nama, dan belum saya simpan, sulit saya jawab. Sebab sehari saya bisa dapat 500-1000 sms. Dan saya tetap bertahan ga pake asisten. Bagaimana? Maafkan saya ya. Saya juga doain saudara, semoga dimaafkan bersitan suudzdzan.
Saya cukup lama merenungi sms anda. Kelihatannya makin bulet saya betul-betul tidak mau pakai hp. Sebab akan menyakiti orang banyak. Saya betul-betul bertahan ga mau pake asisten-asistenan seperti kebanyakan ustadz/kyai. Rumah saya bahkan tidak ada penjagaan barang satupun, dan tidak akan ada yang nyambut, sebab ga orang kecuali orang serumah saya. Saya sudah tidak pakai fax-faxan bagi yang ingin mengundang saya, tidak pakai pilih-pilih jadual, berlindung untuk selamanya tidak menetapkan tarif, tidak berbisnis macem-macem kecuali ia dikembalikan buat kemaslahatan pondok. yang kayak saya begini, lalu dibilang "kenyataan" dari kesombongan. Doakan saya ya, biar diampuni Allah.
Jamaah yang dirahmati Allah...
Pertanyaan-pertanyaan yang kayak begini, yang saya akan pelan-pelan jawab dengan artikel-artikel saya:
Assalm.....Ustd tlg bantu sy,sy tdk tau hrs berbuat apa lagiu melunasi semua hut,sy sdh mt ampun sm allah, sdh berdoa,shalt wajb jg sunnah tp u zakat infak hampr jarg karena uangny hny tercukp u mkn,gali lubang-ttp lubang sj jd hut makin bnyk sj rsny sdh puts asa sj mgkn allah marh dgn sy karena bnyk ke salahan yang sy lakukn tlg beritahu doa apa sj wassalm thx A di Jkt.
Dari karyawan Truba Jurong: +6281114xxxx:
Sms Testimoni:
April 2008, slh satu lg keajaiban sedekah yg saya alami sendiri. Beberapa hr lalu, saya masih khawatir apakah anak saya bisa diterima di smp yang diharapkan atau tidak. Dan kalopun diterima,sy hanya berharap Allah mencukupkan rezkinya utk membayar biaya masuk sebesar 17~20jt. Dengan rs pasrah saya niatkan sdkh ke panti asuhan yang rekeningnya sll berada di hp saya. Uang sebesar 250rb, saya transfer tgl 8 Maret. Allah Akbar, tgl 10 dini hr dpt berita kl anak diterima. Dan tgl 10 siang nya, ada transfer an 12jt ke rek saya. Smg Allah meridhoi saya utk membg kan cerita ini dan menjauhkan sikap riya.
Sms dari kwn di singapore :
Sms I:
Pak ustadz kira2 seberapa jauh pengaruh dan efektivitas dakwah dgn cara film? Kalau cara instan bukankah hasilnya jg instan? Memang masih lbh baik dibandingkan dgn film2 kuntilanak. Namun audience nya anak2 gaul jg. Kayaknya kalo sekali jeder, gak ngaruh buat mereka. Kaln buat hiburan sih oke2 aja. Barangkali perlu ada parameter yg jelas utk mengukur kesuksesan suatu metode dakwah.
Sms II:
Saya lebih berpikir untuk mengoptimalkan nilai2 islami via dunia pendidikan dan media massa. Karena daya jangkaunya luas. Kalo SDM gak diperbaiki, minimal dibuat lbh make otak sblm bertindak, tentulah kita gak akan korupsi, anarkis, crime dll. Otoritas media massa hrs kita kuasai agar bisa pasang rambu2nya. Tv sudah masuk ke rumah kita. Kalo film, audience nya terbatas, itu2 jg yg nonton dan kalah efek dibanding tv. Yg paling penting pendidikan. Alangkah bagusnya kalo ustadz2 kumpul dan berdiskusi ttg masa depan kita. Bukan cuma gontok2an kayak di PKB saat ini.
SMS dari seorang "Gay" :
Ass.Maaf ustdz,sy seorg gay.
Apa mungkin Allah memaafkan sy?
Sedangkan saya sering sekali berhubungan badan dengan sejenis.
Terimkasih atas doa dan jawabannya.
Hamba ALLAH_bdg.
(Saya jawab bhw saya sdg di Madinah, di Masjid Nabawi. Insya Allah saya doakan beliau).
Lalu beliau pun menjawab dengan mendoakan saya agar dilindungi Allah dan dilindungi Allah.
Pertanyaannya, siapa yg lebih beruntung, dia yg saya doakan, atau saya yg didoakan beliau?
Jawabannya saya yg lebih beruntung. Didoakan yg bertaubat.
Suasana hatinya insya Allah sedang bersama Allah. Subhaanallaah. Sedekah doa, dpt doa.
08138818xxxx:
asww. kisah nyata u ustad:
setlah sy ikut slamatan lepas ttangga pergi haji, sy brniat & lgsg omong k kakak apkh dia mau sy bayarkan haji. "anggap sj sbg DP warisan ortu yg blum dibagi, Sy mrasa berutang krn banyak habiskan uang ortu utk kuliah masa hidupnya,smentara dia - pndidikan".
Subhanallah, sungguh malu rasanya, ALLAH bayar dimuka.. pada rapat direksi minggu itu sy lgsg dpt fasilitas umroh gratis suami istri!!. padahal sy belum bayar ONH kakak tsb.
Jamaah yg dirahmati Allah, ini msh ada yg marah2 sama saya. Saya banyak memakluminya. Tp izinkan jawaban saya, saya muat lagi web ini. Agar menjadi "jawaban terbuka". Ada beberapa sms yg saya sembunyikan, sbb ga pantas buat dibaca. Mdh2an jamaah dpt memetik hikmahnya:
08138818xxxx:
Mengapa kami hrs mengemis u/sekedar meminta ustad u/ceramah? Demi ALLAH balaslah SMS saya ustad..! Semua birokrat dr RT, RW & Pak LURAH Pdmangan brt slalu menanyakan jwban ustad. Klw ustad tdk mmbls SMS ini, kami akan menyurati ustad melalui surat terbuka disurat khabar ibukota..
(Jamaah yg dirahmati Allah, saya memohon maaf sedalam2nya. Lalu saya tulislah jawaban terbuka saya. Lalu beliau menjawab begini):
Skali lagi sy mohon maaf yg sbesar2nya sdh su'udhon sm ustad.Wslm
Ma'afin sy ustad, hbs sy ditekan terus sm panitia yg lain .Klw dijawabkan kami ga'bertanya2 ustad, mslh tgl tdk mengikat tsrh ustad bisanya kapan yg ptg sabtu/minggu. Sama2 orang betawi ga'boleh marah ustad..Yah..Skli lagi maafin sy udah berbuat dholim sm ustad. Jadi kapan kami dpt tgl yg pasti, agar kami bisa segera menyiapkan sgala sesuatunya..Klw bisa msh dibulan maulud, karna itu kami buat proposal d/jauh2 hari.
(Masya Allah jamaah, udah saya jwb panjang lbr msh saja mengsms demikian. Maka itulah, saya sms lagi puanjang luebar. Jawabannya pun saya sertakan di sms2 berikutnya).
Pendpt sypun sm spt ustad, tp trend spt itu sdh mengakar pd masyarakat kita, nah ga'ada salahnya kita meluruskannya, tentunya dg tausiah yg mengena d/ustad..
Jadiin aja masukin ke surat khabar. Apa adanya. Lengkap dengan su-udzdzan dan amarah. Saya tinggal jawab dg tangisan saya, dengan kelelahan yg mdh2an dibayar Allah dengan surga u/ saya, dan u/ orang2 di sekeliling saya yg udah pada redho waktu dan diri saya u/ ummat. Kalau meneliti jawaban antum, itu sama saja antum sesungguhnya ga baca sms2 saya dengan seksama. Sungguh, saya sedih. Teramat sedih. Silahkan, hbs ini saya ga mudah lagi jawab sms antum, dan silahkan marah lagi terserah hak antum. Saya sbntr lagi udah naik tausiyah lagi. Dan tentu saja ga bisa jawab dg mudah lagi. Apalagi, biasanya, ditutup sebentar saja HP, sms bakal masuk puluhan sms. Jazaakallaah.
Tidak ustad...Klw memang ustad tdk menyanggupi undangan kami itu jg hak ustad, dan sy ga'pernah menghrp surga d/kebaikan sy, krn sy ga'pernah berbuat baik..
Kalau minta surga, diajarkan sama Rasulullah. Bahkan doa ini, menjadi lantunan shalawat di betawi2 manakala usai tarawih... Awloohumma innaa nas-aluka ridhooka wal jannata... Haj, jgn bangun polemik di antara kita. Saya doakan antum, antum doakan saya.
Sy hnya berusaha mlaksanakan "AMANAH" yg dititipkan jama'ah pd sy..Selebihnya ALLAH jua yg nentuin hasil akhirnya..Makasih u/nasihat ustad.
Saya lah yg minta maaf dan mengucapkan terima kasih. Jazaakallaah yaaa. Mhn maaf yang sangat, dan mdh2an antum bisa menjelaskan se-arif2nya ke masyarakat. Insya Allah saya tdk membeda2kan siapa yg dtg u/ urusan tausiyah. Ok, mhn doa ya. Dah mau naik lagi nih. Makasih.

Ada yg sms saya, lalu saya jawab sebisanya, sesempatnya. Setelah saya berinteraksi yg saya pandang cukup, saya mengarahkan u/ main saja ke pondok dan nemuin kwn2 asaatidz di pondok. Eh, beliau malah marah. Dan menyatakan kekecewaannya. Alhamdulillah, saya terima. Barangkali inilah nasib saya. Usaha saya meluangkan waktu u/ terus menjawab smsnya, seperti diabaikan bgitu sj. Pdhl mksd sy baik, yakni agar beliau lbh bnyk wkt sharing dg kwn2 asaatidz yg barangkali ada yg load kesibukannya tdk trlalu tinggi. Jwbn saya ini mdh2an brguna buat yg lain: "Waktu saya menuntut ilmu, saya berterima kasih dulu ke guru. Ini belom terima kasih, udah marah. Saya memang mempersilahkan para pencari solusi u/ ketemu para asaatidz pondok. Sbb banyak kecewanya kalo nyari saya, nunggu saya. Dulu, waktu saya juga nuntut ilmu, saya tahan dicuekin kyai sampe 3-7hr. Saya berdiam diri saja di masjid pondoknya, atau masjid deket rumahnya. Sampe beliau2 membukakan pintu. Anak2 zaman sekarang, baru setengah jam saja nunggu, udah dianggep saya nyuekin. Dalam sehari, hampir seribuan sms. Saya jawab sms anda, eh anda bukannya berterima kasih dulu, malah marah2. Sewot. Hanya lantaran saya menyuruh nemuin asaatidz saja? Luar biasa anda ini. Saya skrng tahu, kenapa anda gagal. Sebab anda kurang sabar. Dan sekarang bertambah ilmu buat saya, ga ada bagus2nya jadi murid, bila kemudian bikin gurunya teruji kesabarannya. Sangat kurang barokah. Alhamdulillah bila si guru masih mau menasihati seperti ini. Silahkan merenungkan. Ga usah dijawab".

0811110xxxx:
Saudara saya koma dr hr sabtu jam 2 pg.dokter sudah angkat tangan,krn ktnya sdh kena batang otak.sampe saat ini,beliau blm sempat melihat anaknya yg harus dilahirkan secara caesar krn kondisi ibunya yg mendadak tdk sadar tsb. Besar harapan keluarga, ust Yusuf Mansyur berkenan unt menjenguk dan m'berikan solusi yg dapat keluarga lakukan agar dpt jalan terbaik unt beliau.sy berharap ALLOH m'ridho jalan unt m'nolong saudara sy ini melalui ustad Yusuf M. RS. M ICU lt.3,nama pasien YT.wassalam. D.
Mdh2an Allah memberikan rasa persaudaraan yg penuh suka cita, ketika saudara yg satu bisa berdoa dan memintakan doa buat saudaranya yg laen. Dan betapa informasi ini juga sdh bisa membuat banyak orang hrsnya bersyukur sdh diberi nikmat sehat. Banyak keluhan, tapi diri msh bisa dibawa kemana mau pergi, lidah masih bisa merasakan makanan manis dan pahit, kaki dan tangan msh sempurna, anak2 sehat, dan seterusnya. Mdh2an kami2 yg sehat ini bisa memanfaatkan waktu u/ ibadah sebaik2nya dan mengumpulkan bekal amal untuk persiapan wafat kelak menghadap Allah.
0811110xxxx:
Saudara saya koma dr hr sabtu jam 2 pg.dokter sudah angkat tangan,krn ktnya sdh kena batang otak.sampe saat ini,beliau blm sempat melihat anaknya yg harus dilahirkan secara caesar krn kondisi ibunya yg mendadak tdk sadar tsb. Besar harapan keluarga, ust Yusuf Mansyur berkenan unt menjenguk dan m'berikan solusi yg dapat keluarga lakukan agar dpt jalan terbaik unt beliau.sy berharap ALLOH m'ridho jalan unt m'nolong saudara sy ini melalui ustad Yusuf M. RS. M ICU lt.3,nama pasien YT.wassalam. D.
Mdh2an Allah memberikan rasa persaudaraan yg penuh suka cita, ketika saudara yg satu bisa berdoa dan memintakan doa buat saudaranya yg laen. Dan betapa informasi ini juga sdh bisa membuat banyak orang hrsnya bersyukur sdh diberi nikmat sehat. Banyak keluhan, tapi diri msh bisa dibawa kemana mau pergi, lidah masih bisa merasakan makanan manis dan pahit, kaki dan tangan msh sempurna, anak2 sehat, dan seterusnya. Mdh2an kami2 yg sehat ini bisa memanfaatkan waktu u/ ibadah sebaik2nya dan mengumpulkan bekal amal untuk persiapan wafat kelak menghadap Allah.
08126036xxxx:
Byk org sholat blm kenal Allah ,tp kalo kenal Allah pasti sholat ,yg mana dulu mau kt kejar? Sholat atau Allah?
Berusaha saja kenal Allah sambil menunaikan shalat. Habis shalat, berdoa minta dikenalkan sama Allah. Btw, ini dari siapa? Tinggal di mana?
+628151335xxxx:
Ass,ustd..P'kbr sy R sahabat dr H. Y.Kpn ustd ada waktu senggang,sy mau bnyk nasehat dr ustdz,sy mau ikut jejak speri H.Y yg stlah bertemu ustd beliau lngsng go didlm usahanya,skrng aja beliau br beli lg 1 pombensin yg brada di karawang barat.Sungguh luar biasa..Sy ingn nasehat2 dr ustdz.Wass
Ga usah ketemu saya. Lsg ketemu BOS saya saja, he he he. Lsg aja temuin Allah. Belajar aja dari H. Y, kemudian pake ilmunya. Rajinin bangun malam, dan belajar sedekah yg hebat. Sekali2 lah perlu sedekah tos2an. Haji Y kan begitu. Dia punya hutang 3M. Lalu hidup dari jual aset. Bahkan mau jual 1 dari 2 pom nya kan? Tapi kemudian saya tanya, msh ada aset lainnya ga? Trnyata ada. Saya cuma minta ya jual saja aset lainnya. Setelah diskas, ada aset lain berupa 2 mobil; yaris dan apv. Masya Allah setelah dia lewatin itu APV, malah kemudian Allah kasihkan dengan mudah dana yg nyaris sempurna 3M dari pintu yg laen. Dan itu hanya berlangsung 2 minggu. Ok ya, lsg saja ke Allah. Segera bertaubat dan bergerak ke Allah dengan kecepatan penuh.
08155355xxxx:
Ustadz.apa ada yg salah dg shodakoh sy.tiap hari 300.000.udah 4 bln.hari ini ananda diuji allah lagi.dlm 2 hari ananda harus pegang uang 40 jta.untk membyr kan hutang ibu ananda.uang ananda dipinjam teman2 ada 10 jta.tapi blm dikembalikan.ananda bingung ustadz.
Itu bukan ujian. Tp kesempatan. Msh ada 2hr. Coba ditutup dg laa hawla 300x hr ini dan besok. Rapihin yg shalat wajib. Tepat wkt, plus sunnah2nya. Insya Allah ada keajaiban dari Allah. Lagian kebutuhan orang tua bukan qt yg nutup. Tp Allah. Itu Allah sdg memberi kesempatan. Alhamdulillah.